Friday, September 22, 2017

Makalah Pola Hidup Sehat

Makalah Pola Hidup Sehat adalah sumber rujukan dalam menjaga kesehatan. Selain itu, makalah ini juga bisa digunakan sebagai materi tambahan bagi pelajar dalam merampungkan tugas kuliah maupun sekolah.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      LATAR BELAKANG

Raga yang sehat menjadi salah satu modal kesuksesan setiap orang dan raga yang sehat pun akan menunjang setiap kegiatan yang kita lakukan, raga yang sehat adalah raga yang terhindar dari penyakit, untuk menjaga raga kita agar tetap sehat yang harus kita lakukan adalah menjaga kesehatan. 

Hidup sehat adalah dambaan setiap manusia, sesungguhnya untuk mendapatkan hidup yang sehat kita hanya perlu menjalankan pola hidup sehat sejak dini, meski tak ada batasan usia untuk memulai pola hidup sehat. 

Dewasa ini, pola hidup sehat sudah tidak dilakukan lagi karena berbagai aktivitas kita yang banyak, sehingga kita tidak sempat melakukannya. Tetapi seharusnya melakukan pola hidup sehat itu penting untuk kita semua. Menyampatan waktu luang untuk berolah raga adalah salah satu cara melakukan pola hidup sehat yang baik. Selain itu pola hidup sehat juga harus mengatur pola makan kita sehari-hari. 

Sebagian masyarakat menganggap enteng masalah menerapkan pola hidup sehat. Bila kita ketahui banyak sekali dampak negatif dari tidak melakukan hidup sehat tersebut. Maka dari itu kita ingin sekali mengajak para pembaca semua untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. 

Orang-orang dahulu memiliki tubuh yang sehat bahkan umur lebih panjang, padahal mereka semua belum mengerti tentang pola hidup sehat secara alami atau hidup berkualitas, tapi kenapa mereka selalu sehat?Jawabannya adalah mereka memakan makanan yang segar, tanpa menggunakan pengawet dan tanpa ada zat-zat kimia. 

Mereka tidak mengonsumsi makanan siap saji yang mengandung zat kimia. Sedangkan orang-orang saat ini terlalu sibuk bekerja, mengonsumsi zat kimia, lupa waktu makan, tidur tidak teratur, makan makanan siap saji dan selalu meminum suplemen penambah energi. 

Tak jarang diantara orang pada saat ini meninggal di usia muda, baik itu terkena penyakit komplikasi, seperti jantung, kanker, stroke, sakit darah tinggi, dan sakit diabetes. Menurut data di WHO 70 % kematian pada masyarakat di dunia akibat penyakit tersebut. 

Upaya pemeliharaan kesehatan tak akan berhasil jika tidak ada perubahan sikap mental dan perilaku. Maka dari itu kita hanya harus disiplin pada setiap ketentuan pola hidup sehat. Dan pola hidup yang sehat tentu dimulai dari diri sendiri. Kemudian jika kita sudah menerapkan pola hidup yang sehat, tentu lingkungan sekitar secara otomatis juga akan sehat. Oleh karena itu, kami ingin mengajak pembaca untuk menerapkan pola hidup sehat. Dengan cara mengetahui tentang seluk beluk apa itu pola hidup sehat. Selain itu, pembuatan makalah ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas matakuliah Ilmu Gizi Dasar.

1.2.      RUMUSAN MASALAH

1.    Apa pengertian dari Pola Hidup Sehat?
2.    Apa tujuan dan manfaat dari pola hidup sehat?
3.    Bagaimana cara menjalani pola hidup sehat?
4.    Apa saja kebiasaan yang dapat menggagu kesehatan?
5.    Apa saja penyakit yang timbul akibat tidak menerapkan pola hidup sehat?

1.3.      TUJUAN

Tujuan pembuatan makalah pola hidup sehat ini antara lain :
1.    Untuk mengetahui isu - isu tentang pola hidup sehat.
2.    Mengajak pembaca untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Untuk mengetahui sejauh mana pola hidup sehat berkembang di Indonesia.




BAB II
ISU TERKINI 

2.1.      POLA HIDUP TERKINI

Pola hidup sehat adalah upaya setiap orang yang ingin selalu sehat, yaitu dengan memperhatikan gaya hidup sehat agar tubuh selalu terhindar dari berbagai macampenyakit. Tetapi  juga harus mempraktikkannya. Dengan pola hidup sehat, tubuh anda akan selalu sehat dan tampak segar serta bugar.
Pada era modern seperti sekarang ini, banyak orang yang tidak menghiraukan kesehatan tubuhnya. Contohnya mereka yang masih di usia muda, yang semangatnya masih besar dan beranggapan bahwa tubuhnya masih kuat dan tidak bisa sakit. Padahal kita semua tahu bahwa penyakit bisa menyerang siapa saja, baik muda maupun tua. Contoh lain orang yang tidak menghiraukan kesehatannya adalah orang yang sibuk dengan pekerjaannya. Jangankan melakukan gaya hidup sehat, waktu untuk makan pun sering kali lupa.
Di Indonesia khususnya, terdapat berbagai isu-isu terkini mengenai pola hidup dimulai dari pola hidup sehat dan pola hidup tidak sehat. Pola hidup sehat didapat dari mereka yang memperhatikan keadaan tubuhnya, rajin berolahraga, makan dan tidur yang cukup. Berbalik dengan itu, yaitu pola hidup tidak sehat yang mana didapat dari mereka yang tidak memperhatikan keadaan tubuhnya, makan yang tidak seimbang dengan aktivitasnya merupakan salah satu contoh dari pola hidup tidak sehat, ditambah lagi dengan jarangnya olahraga yang dapat memicu obesitas.

2.2.      ISU POLA HIDUP SEHAT TERKINI

Pola hidup sehattengah menjadi tren di kalangan masyarakat perkotaan. Kesibukan, pola hidup yang berantakan, ditambah polusi lingkungan memang mengharuskan masyarakat urban berusaha ekstra jika ingin hidup sehat dan bahagia di saat tua. Mau tidak mau, mereka harus mulai menerapkan gaya hidup sehat sesegera mungkin.
Banyak gaya hidup sehat yang kemudian populer berkat bantuan media sosial. Masyarakat urban memang jamak memanfaatkan media sosial untuk berbagi gaya hidup sehat ke jaringan pertemanan mereka. Di bawah ini adalah tren-tren pola hidup yang menarik untuk diikuti yaitu :
1.    BERLARI
Lari menjadi olahraga yang kini digandrungi berkat munculnya aplikasi Nike+ Running pada iPhone dan ponsel Android. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memeriksa seberapa jauh dan seberapa lama mereka berlari, kemudian membagikannya ke jejaring sosialnya.
Maraknya status yang diunggah oleh pengguna jejaring sosial tentang aktivitas lari mereka membuat beberapa pihak mulai melirik lari sebagai salah satu ajang promosi yang efektif. Bagaimana caranya? Pihak-pihak tersebut menyelenggarakan perlombaan lari maraton dengan berbagai variasi, seperti The Color RunGlow RunRun to Remember, dan Star Wars Run. Kurang lebih sudah ada 50 perlombaan lari maraton yang sudah diselenggarakan di Indonesia sepanjang tahun 2014 - 2015 ini. Terbayang ‘kan betapa populernya olahraga ini?
Lari merupakan olahraga yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Efisiensi waktu dan hasil signifikan yang ditunjukkan olahraga lari adalah faktor utama mengapa ia menjadi gaya hidup sehat yang kini populer.

2.    YOGA
Kepopuleran olahraga ini lagi-lagi tidak lepas dari peran media sosial. Banyak pengguna media sosial khususnya artis yang mengunggah pose apa saja yang sudah berhasil mereka lakukan, mulai dari tree posestand bowbalancing stick, hingga headstand. Unggahan ini akan mengundang rasa penasaran dan memunculkan niat bagi penyimaknya untuk turut mencoba. Alhasil, semakin banyak saja pelaku olahraga yoga.
Namun, olahraga ini populer bukan hanya karena tren saja. Banyak manfaat yang ternyata memang dihasilkan dari yoga, seperti ketenangan batin dan keseimbangan diri. Selain itu, yoga juga dapat membantu dalam memperlancar sistem pernapasan dan mengurangi nyeri pada tubuh. Untuk kamu yang mudah stres, olahraga yoga ini juga dapat membantumu untuk lebih rileks dan konsentrasi.

3.    INFUSED WATER
Kalau kamu adalah pengguna media sosial, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan infused water. Foto minuman ini berseliweran setiap harinya di jejaring sosial. Tapi, apa sih sebenarnya infused water itu?
Infused water adalah air putih yang dicampur dengan potongan buah-buahan. Campuran ini kemudian didiamkan sebentar di dalam lemari es supaya sari dan vitamin dari buah dapat keluar dengan maksimal dan memberikan efek segar. Tidak hanya itu, infused water juga dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh jika dibuat dari campuran air putih dan irisan jeruk lemon.
Untuk membuat infused water, kamu dapat menggunakan buah apa saja. Tapi utamakan buah yang punya kandungan vitamin C tinggi, seperti lemon, jeruk, kiwi, dan stroberi. Lalu campurkan potongan buah dengan air putih dan diamkan minimal selama 2 jam. Selain mendapat minuman yang segar, kamu juga mendapat khasiat yang melimpah dari cairan ini.

4.    HONEY LEMON SHOT
Honey lemon shotmerupakan larutan yang terbuat dari perasan air lemon dan madu dalam gelas kecil, untuk diminum dalam 1 tegukan saja. Disarankan untuk meminumnya setiap pagi saat perut masih kosong, 30 menit sebelum sarapan.
Menurut pakar kesehatan, khasiat larutan ini terletak pada perasan air lemon yang memang dikenal memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan hati, hingga mencerahkan kulit. Dengan mengonsumsi larutan ini secara teratur, khasiat yang akan didapatkan pun akan semakin maksimal.
Namun sebenarnya tidak semua orang bisa meminum honey lemon shot ini saat perut kosong, terutama yang menderita penyakit maag. Jika belum terbiasa, lebih baik pastikan dulu apa larutan ini memang baik untukmu.

5.    KATERING DIET
Gaya hidup sehat tentu perlu diikuti dengan makanan yang sehat pula. Tidak hanya pola makan, makanan yang dikonsumsi pun harus sesuai dengan standar kesehatan. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana mengolah makanan tersebut dengan baik dan enak tanpa mengurangi kandungan gizinya sedikit pun, disamping itu juga dengan banyaknya aktivitas sehingga terlalu sibuk untuk memperhatikan makanan dengan kandungan gizi yang dibutuhkan sehingga memiliki gizi yang berlebih maupun sebaliknya. Untuk itulah pada zaman ini sedang marak-maraknya jasa katering diet. Selain pencariannya yang mudah karena sudah banyak yang mempromosikan di sosial media, katering diet ini memiliki banyak varian menu makanan setiap harinya dan kita tidak perlu harus pergi ke tampat makannya karena sudah langsung diantar ke tempat kita.
Katering diet menggunakan bahan-bahan organik. Biasanya, katering diet menyediakan makanan untuk santap siang dan malam. Setiap menu yang disusun sudah dihitung kalorinya sesuai dengan keadaan tubuh pemesan. Harga yang ditawarkan cukup mahal — paket 10 hari bisa menghabiskan sekitar Rp. 1.600.000.

6.    KANGEN WATER
Air Kangen atau Kangen water mulanya ditemukan di beberapa mata air di berbagai belahan dunia. Air ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, Micro Cluster yang kecil, dan alkaline (pH basa 8,5 – 9,5) yang diperlukan oleh tubuh.
Nama Kangen sendiri berasal dari kata “Khanggeng” dalam bahasa Jepang yang berarti kembali ke awal. Diberi nama demikian karena jika meminum air Kangen secara rutin, tubuh kita akan memiliki metabolisme yang baik seperti orang-orang pada zaman dulu. Tubuh pun bisa menyembuhkan dirinya sendiri dari berbagai penyakit (self healing). Air Kangen juga bisa mencegah proses penuaan atau penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang berantakan.

7.    DIET MAYO
Secara sederhana, diet mayo dapat diartikan sebagai diet garam. Saat melakukan diet ini, kamu tidak diperbolehkan mengonsumsi garam dan minum air es sama sekali. Selain itu, diet mayo juga memiliki menu khusus yang harus diikuti supaya berhasil.
Diet mayo ini hanya perlu dilakukan selama 13 hari berturut-turut dan rutin setiap tahunnya. Hasilnya sensasional! Jika mengikuti aturan dan menu tanpa menyimpang sekalipun, berat badanmu bisa berkurang sebanyak 7-8 kg dalam 13 hari. Selain itu, melakukan diet mayo juga membuat keadaan kimia dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga potensi untuk kembali gemuk sangat kecil sekali. Tapi ingat, jangan langsung makan berlebihan setelah selesai melakukan diet Mayo.

Itulah tren-trenpola hidup sehat yang sedang marak saat ini di masyarakat Indonesia, terutama di perkotaan. Efek dan manfaatnya memang sudah banyak yang merasakan, tapi tetap harus dilakukan dengan seimbang. Percuma jika mengonsumsi makanan sehat tetapi tidak dibarengi dengan olahraga, begitu juga sebaliknya. Dan ingat, pola hidup yang paling benar adalah pola hidup sehat yang disesuaikan dengan diri kita sendiri.
2.3.      ISU POLA HIDUP TAK SEHAT TERKINI

1.    AKIBAT ROKOK, POLA HIDUP SEHAT INDONESIA TERBURUK DI ASIA

Dalam survei mengenai gaya hidup masyarakat perkotaan di 8 negara Asia, ditemukan kalau masyarakat Indonesia meraih poin terendah dalam penerapan pola hidup sehat dibanding masyarakat negara Asia lain. Rokok menjadi penyebab rendahnya kualitas pola hidup masyarakat Indonesia.

Survei tersebut dilakukan oleh perusahaan jasa keuangan dan asuransi Sun Life. Survei mengenai gaya hidup masyarakat perkotaan dilakukan atas penduduk dengan usia 25-55 tahun di 8 negara Asia termasuk Indonesia. Survei Sun Life dilakukan Agustus hingga September 2014.


Di Indonesia, survei dilakukan di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Medan. Banyak faktor yang menyebabkan Indonesia tercatat memiliki masyarakat dengan pola hidup sehat terendah se-Asia tersebut, salah satunya adalah roko. Selain rokok, survei juga memaparkan fakta tingginya tingkat penderita diabetes di Indonesia dibanding negara-negara Asia. Survei yang dilakukan di Indonesia melibatkan 729 responden di 5 kota besar. Sementara negara Asia lainnya adalah Hong Kong, Cina, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand.

2.    KEGEMUKAN BISA MEMICU OSTEORATHRITIS

Masyarakat perlu memahami dan mengantisipasi secara dini macam-macam penyakit yang terus mengalami perkembangan. Hal itu termasuk Osteoarthritis (OA), yaitu penyakit degeneratif yang menyerang bagian sendi tulang yang biasanya menyerang usia lanjut. Sebagian masyarakat menganggap penyakit OA adalah asam urat.
Ahli ortopedi, dr. M Rizal Chaidir, SpOT K mengatakan, Osteoarthritis dapat menyerang di sekujur tubuh, terutama lutut, jari tangan, bahu, tungkai pinggul, dan pergelangan kaki. Salah satu tipe arthritis yang paling sering terjadi karena keausan pada sendi yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi.
Beberapa gejala Osteoarthritis adalah rasa sakit setelah gerakan berlebihan, Kaku dan pembengkakan pada sendi, krepitasi (bunyi gemeretak), serta kehilangan fleksibilitas. Sendi yang paling sering mengalami Osteoarthritis adalah sendi lutut dan sendi panggul karena kedua sendi tersebut bekerja paling berat menopang bobot tubuh. Semakin berat badannya, semakin besar risiko terkena kerusakan sendi.
Osteoarthritis banyak dialami pasien yang mempunyai berat badan berlebih, penderita diabetes, penderita rheumatoid, dan atlit. Untuk mengobati atau mengurangi risiko sakit karena Osteoarthritis. Menurutnya,dunia medis saat ini sudah menemukan obat suntik yang telah terbukti secara klinis yaitu hanya dengan satu kali suntikan dapat bertahan hingga 18 bulan.
Makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk menunda Osteoarthritis, antara lain anggur merah, blueberry, wortel, bayam, salmon, telur, susu, hingga kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, kenari, dan almond.Sedangkan, jenis makanan yang perlu dihindari antara lain makanan olahan, makanan yang mengandung lemak jenuh, dan karbohidrat olahan.

3.    “SOCIAL JETLAG” TINGKATKAN RESIKO DIABETES DAN OBESITAS

Setelah menjalani padatnya aktivitas di hari kerja, banyak yang mencoba membayar segala utang tidur dengan berbaring seharian di akhir pekan. Ternyata, memiliki pola tidur yang berbeda secara drastis antara hari kerja dengan hari libur dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. 
Menambah jam tidur pada akhir pekan akan membuat bingung jam tubuh seseorang dan membuatnya menderita “social jetlag”, ataukondisi dimana terjadinya bentrokan kronis antara kebutuhan tidur dan jam kerja.
Penelitian mengatakan mereka yang menderita sosial jetlag lebih cenderung menjadi gemuk dibanding mereka yang tidur dengan jumlah waktu yang sama dalam seminggu.
Para ahli dari Medical Research Council menganalisis data dari 800 orang. Peserta yang menambah dua jam tidur pada akhir pekan dilaporkan memiliki peningkatan risiko obesitas dan diabetes. 
Meski begitu, tidak dianjurkan untuk memotong tidur pada akhir pekan jika memang membutuhkannya. Studi sebelumnya telah mengaitkan kurang tidur dengan depresi, kecemasan dan stress.



BAB III
PEMBAHASAN

3.1.      PENGERTIAN POLA HIDUP SEHAT


Pola hidup sehat yang kita harapkan yaitu segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Kesehatan bukanlah segala-galanya namun segala-galanya tanpa kesehatan tidak ada artinya. Bahkan sehatan merupakan investasi, hak dan kewajiban setiap manusia. Berikut beberapa pengertian ahli mengenai pola hidup sehat :
a.    Kottler, mendefinisikan pola hidup sehat sebagai gambaran dari aktifitas / kegiatan yang didukung oleh minat dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan.
b.    WHO, menurut pandangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tahun 1948 menyatakan bahwa pengertian pola hidup sehat adalah suatu keadaan mental, fisik, kesejahteraan sosial dan bukan hanya pada ketidak adaan penyakit kepada seluruh manusia.
Di tahun 1986 WHO, di dalam piagam Ottawa untuk mempromosikan Kesehatan menyatakan bahwa pengertian kesehatan adalah sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup sehat konsep positif dalam menekankan sumber daya sosial dan sumber daya pribadi, serta kemampuan pada fisik.
c.    Wikipedia, mendefinisikan pola hidup sehat sebagai keadaan sejahtera pada badan, jiwa serta sosial yang memungkinkan setiap individu hidup produktif secara sosial dan ekonomis. 

Pola hidup sehat memiliki banyak komponen. Tetapi secara umum meliputi beberapa faktor, antara lain : istirahat yang cukup dan teratur, mengonsumsi makanan yang sehat secara teratur dan seimbang, mempertahankan berat badan ideal, melakukan latihan fisik secara teratur, benar,terukurdan berkesenambungan, berpandangan positif dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutindan teratur.
Dari penyataan tersebut diatas, makin terasa bahwa sehat adalah kebutuhan dan milik kita yang harus diperjuangkan. Karena dengan pola hidup sehat, kita akan sehat lahir dan bathin, yaitu : merasa nyaman, aman dan tentaram, memiliki rasa percaya diri, sukses dalam pekerjaan, serta dapat menikmati kehidupan sosial dilingkungan keluarga,tetanggadanmasyarakat.


3.2.      TUJUAN DAN MANFAAT POLA HIDUP SEHAT

Pola hidup sehat merupakan suatu keagiatan yang dilakukan secaraterusmenerus dan teratur, sehingga menjadi kebiasaan dalam gaya hidup dengan memperhatikan hal-hal yang memengaruhi kesehatan tubuh, baik dari konsumsi makanan dan minuman, olahraga, dan juga istirahat yang cukup. Pelaku pola hidup sehat akan selalu berusaha untuk setiap aktifitas dalam kehidupannya untuk selalu teratur dan seimbang dalam menjaga kesehatan tubuhnya.
Tujuan dari menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan kaehidupan yang lebih baik. Namun, selain mendapatkan kesehatan jasmani, dengan menerapkan pola hidup sehat kita juga akan mendapatkan sehat rohani yang stabil. Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bahkan, bila menerapkannya dengan cara yang benar, maka dampak positif yang dirasakan akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan dapat maencegah dari serangan berabagai macan penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit yang kronis.
Menerapkan pola hidup sehat tidaklah sulit, dengan disiplin waktu kita bisa memulai menerapkan pola hidup sehat dari hal yang kecil terlabih dahulu. Berikut beberapa manfaat pola hidup sehat yang dapat dirasakan, diantaranya :
ü  Tidur Lebih Berkualitas
Tidur yang berkualitas merupakan hal pertama untuk memulai pola hidup sehat. Tidur yang berkualitas membuat badan menjadi terasa lebih segar, sehat, dan bertenaga untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Istirahat yang cukup secara rutin akan mempengaruhi sistem peredaran darah dan juga fisik.
ü  Hidup Menjadi Lebih Sehat
Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka secara otomatis akan banyak dampak positif yang akan dirasakan pada tubuh, karena makanan dan minuman yang sehat serta menghindari berabagai kebiasaan negatif, seperti merokok, begadang, dan sebagainya akan meningkatkan level kesehatan.
ü  Hidup Lebih Seimbang
Penerapan pola hidup sehat dala kehidupan sehari-hari secaraotomatis akan membuat hidup menjadi lebih seimbang, dimana Anda akan mempertimbangkan berbagai makanan dan minuman yang akan dikonsumsi atau tindakan yang akan dilakukan dengan dampak kesehatan yang akan dirasakan dimasa depan. Jadi, dengan sendirinya hidup akan jauh lebih teratur dan berada dalam jalur yang seimbang antara kesenangan dan kesehatan.
ü  Berpikir Lebih Positif
Salah satu dari manfaat pola hidup sehat adalah saat tubuh sehat kita bisa berpikir positif, maka mood atau perasaan kitapun akan menjadi baik. Pada saat mood sedang drop, pikiran akan menjadi kacau dan juga akan menjadi lebih sensitif sehingga kurang maksimal dalam menjalankan aktifitas. Oleh sebab itu, dengan menjalankan pola hidup sehat, tentu saja nantinya akan membantu mood kembali naik sehingga pikiran juga akan menjadi positif dan akan memberikan keuntungan terhadap diri sendiri.
ü  Mencegah Serangan Berbagai Penyakit
Yang paling penting dari menerapkan pola hidup sehat adalah untuk mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh. Hidup sehat harus dilakukan dengan memperhatikan pola makan, lingkungan dan berbagai hal lain yang dapat mempengaruhi kesehatan. Menjalankan pola hidup sehat secara rutin, mak saecara langsung kesehatan juga akan dapat terjaga dengan baik.
ü  Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Dengan tubuh yang sehat, maka akan membuat tubuh menjadi lebih berstamina dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Tubuh yang sehat akan terpancar dari aura wajahnya, karena itu secara otomatis akan menambah rasa percaya diri baik saat harus berada ditengah-tengah keluarga ataupun ketika berhadapan dengan rekan kerja, ataupun dengan orang-orang dilingkungan sekitar.
ü  Penampilan Lebih Segar dan Menarik
Menjalani pola hidup yang sehat akan membatu seseorang untuk memiliki penampilan yang lebih segar. Pola makan terjaga dengan baik, menjaga kebersihan lingkungan, rutin berolahraga akan menjaga penampilan alami dan menarik.
Apabila setiap orang menerapkan pola hidup sehat secara teratur, makan bisa dipastikan bahwa setiap orang bisa merasakan manfaat dari pla hidup sehat. Maka dari itu, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang.

3.3.      CARA MENJALANI POLA HIDUP SEHAT

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Kesehatan individu atau diri sendiri dapat terwujud apabila seseorang menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana gambaran orang yang hidup sehat? Pagi-pagi bangun tersenyum. Berbahagia menyogsong hidup tiap hari. Penuh rasa terima kasih dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Betapa tidak! Tak terbatas dapat menghirup udara segar, makanan lezat bergizi, berjumpa dengan teman-teman di sekolah. Selalu hadir dan ikut aktif pada tiap kesempatan. Berolah raga, latiha kesenian, widiawisata menambah pengetahuan, dan kegiatan yang menguntungkan. Pendeknya karena sehat, maka diri penuh gairah hidup dan kesegaran serta kondisi tubuh yang lebih dari biasanya.
Giat dengan aktivitas yang berguna adalah cara terbaik menikmati hidup. Dan agar semuanya berjalan dengan sempurna, kondisi tubuh pun harus dijaga dengan baik. Hidup sehat dan segar tidak datang dengan sendirinya. Sehat itu harus diusahakan. Di dalam menjaga kesehatan, tubuh kita harus memperhatikan hal-hal seperti berikut :

Ø  Mandi Dua Kali Sehari
Mengapa kita harus mandi? Alasan utama ialah agar tubuh sehat dan segar bugar. Mengapa mandi membuat tubuh kita sehat? Mandi membersihkan seluruh tubuh kita. Urutannya adalah sebagai berikut.
-       Seluruh tubuh kita cuci dengan sabun mandi. Oleh buih sabun, semua kotoran dan kuman yang melekat mengotori kulit lepas dari permukaan kulit, kemudian tubuh kita siram bersih-bersih.
-       Seluruh tubuh kita gosok hingga keluar semua kotoran atau daki. Kita keluarkan daki dari wajah, kaki, dan lipatan-lipatan. Gosok terus dengan tangan, kemudian seluruh tubuh disiram sampai bersih dari daki.
Dengan demikian, kulit serta pori-pori bersih dan tidak tertutup atau tersumbat kotoran lagi. Kulit dapat lancer lagi mengeluarkan kotoran di badan berupa keringat. Badan tidak bau badan. Mana mungkin bau badan bukankah kotoran sudah dibuang dengan mandi paling sedikit dua kali sehari? Apabila kita mandi teratur dua kali sehari, tidak mungkin bau badan.

Ø  Tidur Yang Cukup
Banyak sekali yang mempunyai aktivitas yang banyak yang terkadang lupa dan tidak menghiraukan waktu istirahat kita. Bila kita mempunyai pola tidur yang berantakan seperti tidur yang terlalu larut malam dan harus bangun pagi-pagi untuk bekerja. Padahal apabila kurang istirahat dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi. Sebaiknya apabila istirahat kerja di siang hari paling tidak kita bisa tidur sejenak selama 20 menit agar pikiran kita bisa segar kembali. Tetapi kita harus bisa menata pola tidur kita yang baik supaya tidur bisa tepat waktu dan juga kan menyehatkan tubuh kita.
Tidur yang cukup diperlukan oleh tubuh kita untuk memulihkan tenaga. Dengan tidur yang cukup, kemampuan dan keterampilan kita meningkat. Susunan saraf serta tubuh terpelihara agar tetap segar dan sehat. Tidak lupa berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidurlah dalam kamar yang udaranya bersih, suasana tenang, dan cahaya lampu remang-remang (tidak terang benderang). Sebaiknya tungkai diletakkan agak sedikit tinggi agar memperlancar peredaran darah di anggota gerak bawah.
Ø  Berolahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga ada banyak orang yang sering mengabaikannya. Padahal olahraga ini merupakan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh kita. Apabila kita berolahraga secara teratur, maka banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti daya tahan tubuh meningkat, bisa menguatkan tulang-tulang, menurunkan lemak pada tubuh, mengurangi stress, menambah kebugaran tubuh dam masih banyak lagi.
Kesehatan tubuh kita tidak hanya tergantung dari jenis makanan yang kita konsumsi, tetapi juga dari kegiatan olahraga atau kegiatan fisik yang kita lakukan. Dengan berolahraga secara teratur dapat memlihara jantung, peredaran darah, dan frekuensi nadi. Macam-macam olahraga yang dapat kita lakukan antara lain bersepeda, lari, berenang, dan senam. Di dalam olahraga ini cukup dengan berlari-lari di tempat dan menggerakkan otot-otot kaki, tangan, perut, dan leher. Sambil menghirup udara pagi yang segar kita selalu melakukan olahraga pagi setiap pagi. Di dalam olahraga ini biasanya cukup dengan waktu sepuluh sampai dengan lima belas menit.
Ø  Menjaga Pola Makan
Anda pasti sering mendengar istilah “you are what you eat!”, yang artinya kamu adalah apa yang kamu makan. Apa maksud dari istilah tersebut? Coba kita perhatikan istilah “GIGO” dalam dunia IT dari sisi positif yakni “Gold In Gold Out” atau dari sisi negatifnya “Gerbage In Gerbage Out”.Jika yang di input adalah emas maka yang keluar adalah emas, tapi jika yang di input adalah sampah maka yang keluar adalah sampah pula.Begitu pula dengan tubuh anda, jika tubuh anda mengonsumsi makanan/minuman yang tidak bergizi maka akan menyebabkan berbagai penyakit bermunculan.
Sedangkan jika anda mengonsumsi makanan / minuman yang menyehatkan maka akan berdampak baik untuk tubuh. Jika anda ingin sehat penuhilah syarat 4 sehat 5 sempurna!Kurangilah konsumsi anda terhadap junk food, minuman bersoda, makanan berkolestrol tinggi, minuman beralkohol, makanan/minuman berpengawet, dan berbagai jenis makanan/minuman lainnya yang berdampak negatif untuk tubuh. Makanlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan anda.Jangan makan secara berlebihan karena walaupun apa yang anda makan adalah makanan yang bergizi tapi jika anda mengonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.
Ø  Menciptakan Lingkungan Yang Sehat
Kebersihan adalah faktor utama yang menunjang kesehatan, jika kurang memperhatikan kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan maka akan sangat mudah penyakit bersarang pada tubuh anda. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan.
Sangat wajib hukumnya mencuci tangan sebelum makan, agar kuman yang menempel di tangan tidak menempel di makanan.Membersihkan seluruh isi rumah juga sangat penting karena bukan kesehatan anda saja yang harus dijaga, kesehatan seluruh anggota keluarga juga harus dijaga.
Apabila kita ingin menikmati kesehatan yang sesungguhnya maka kita juga harus memperhatikan lingkungan kita yang harus kita jaga. Lingkungan yang perlu kita jaga adalah, air, tanah, udara, iklim, tumbuhan dan lain sebagainya. Apabila kita hidup dilingkungan yang tidak baik seperti berkumpul dengan orang yang perokok, lingkungan yang penuh dengan sampah, banyak terkena asap mobil dan lain-lain. Dengan lingkungan yang tidak baik, juga akan bisa memicu kesehatan kita.
Ø  Minum Air Putih Yang Cukup
Kita cukup mengenal akan banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan. Kesehatan telah menganjurkan untuk kita menkonsumsi air putih dalam seharinya adalah tidak kurang dari 8 gelas. Air putih ini sangat baik untuk membersihkan serta memperbaiki dan menjaga kesehatan pencernaan kita. Serta kandungan nutrisi, oksigen dalam air baik untuk kelancaran peredaran darah kita.

3.4.      KEBIASAAN YANG DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN

Sakit adalah suatu keadaan dengan gangguan kemampuan individu memenuhi kebutuhan fisik, fisiologik, psikologik, dan sosial secara maksimal, untuk berfungsi secara tepat sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya.
Biasanya, manusia baru menghargai kesehatannya bila menderita sakit. Di saat itulah terasakan bahwa kesehatan adalah modal berharga untuk dapat hidup berkarya, berbahagia, dan bermartabat. Suatu kebiasaan yang kurang baik dapat mengganggu kesehatan individu atau masyarakat sekelilingnya. Apabila setiap individu menjaga kesehatan masing-masing berarti pula menjaga kesehatan masyarakat lingkungannya. Sedangkan menjaga kesehatan orang lain atau masyarakat berarti pula menjaga kesehatan sendiri. Tindakan mencegah kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan adalah jauh lebih sederhana daripada uang yan dibelanjakan untuk berobat.
Beberapa kebiasaan yang harus dijauhi karena dapat mengganggu kesehatan, antara lain minuman keras, narkotika, merokok di tempat umum, meludah di sembarang tempat, bersin dan batuk tanpa menutup mulut, dan mengudap.



a.    MINUMAN KERAS
Minuman keras adalah minuman yang mengandung etanol yang diperoleh dari hasil fermentasi bahan makanan dengan kadar antara 1-55%. Merupakan suatu produk yang dapat disalah gunakan sehingga berakibat merugikan dan berbahaya bagi kesehatan baik jasmani, rohani, maupun sosial.

b.    OBAT
Tiap obat mempunyai efek samping yang kurang menguntungkan. Bagaimanapun obat bergunanya, dapat mempunyai pengaruh yang tidak kita inginkan. Lebih-lebih bila dipakai untuk maksud yang tidak semestinya. Sekali masuk dalam darah, sukarlah untuk dapat dikeluarkan dai badan. Apalagi bila ada yang terdampar menyangkut pada jaringan tubuh. Ditambah lagi efek sampingnya yang menyedihkan.

c.    NARKOTIKA
Dewasa ini, penyalahgunaan obat-obatan amat cepat di Indonesia telat menjadi keprihatinan nasional yang semakin meingkat. Data yang diperoleh dari sebuah badan internasional menunjukkan bahwa 60% tindak kejahatan berhubungan dengan penjualan dan pemakaian obat-obatan terlarang. Jumlah pengguna narkoba yang aktif di Indonesia telah meningkat mencapai 100% dalam 10 tahun terakhir. Penelitian medis telah membuktikan bahwa 33% dari pengguna jarum suntik terinfeksi virus HIV positif dari 55% oleh virus Hepatitis C.
Di dunia kedokteran dikenal adanya obat-obat tertentu yang dapat menghilangkan penyakit atau rasa sakit di tubuh. Adapula obat tertentu yang dapat mempengaruhi system saraf yang seringkali menimbulkan perasaan yang menyenangkan dan berhalusinasi. Akan tetapi bila disalahgunakan dapat menyebabkan terjadinya maslah serius Karena mempengaruhi otak atau pikiran serta tingkah laku pemakainya. Selain itu, penyalahgunaan zat psikoaktif juga menyebabkan ketergantungan fisik yang lazim disebut sebagai ketagihan atau adiksi.

d.    ROKOK
Merokok dapat merugikan kesehatan. Bagi beberapa orang merokok itu nikmat, tetapi sebenarnya kenikmatan yang membahayakan. “Smoking or Health, The Choice Is Yours”, sloga ini diperingati diseluruh Negara anggota WHO. Akibat buruk merokok, misalnya menimbulkan sakit jantung, sakit lambung, sakit batuk, salesma, dan kanker paru-paru. Berbagai macam penyakit jantung dan penyakit pernapasan dipacu oleh asap rokok.
Nikotin dan tembakau merupakan sejenis cairan kental yang dikandung rokok menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru dan penyakit jantung. Apabila perokok mengisap asap rokoknya dalam-dalam maka “ter” akan mengendap dalam bagian paru-paru, juga akan masuk kedalam darah. Ter akan menyebabkan perubahan pada selaput lendir atau permukaan sel paru-paru, lidah, tenggorokan, dan bibir. Perubahan tersebut lambat laun pada sebagian orang akan menjadi kanker.

e.    BERSIN DAN BATUK
Bersin dan batuk, kuman dari paru-paru, hidung dan mulut berhamburan keluar bersama-sama ingus dan percikan-percikan ludah. Hal ini berarti menyebarkan kuman-kuman penyakit, lebih-lebih pada musim influenza. Influenza atau demam pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Oleh karena  itu, ketika kita akan batuk atau bersin segeralah menggunakan sapu tangan untuk menutupi mulut dan hidung untuk mencegah virus-virus tersebut berhamburan ke udara bebas. Setelah itu cucilah sapu tangan dengan sabun sampai bersih.

f.     MENGUDAP ATAU JAJAN
Mengudap di pinggir jalan mengandung banyak risiko. Debu-debu dan lalat yang hinggap pada makanan yang tidak ditutupi dapat menyebabkan penyakit terutama pada sistem pencernaan kita. Terlebih lagi dengan penggunaan alat-alat yang belum terjamin kebersihannya, hal inilah yang membuat kita sering terserang diare, tifus, dan penyakit lainnya. Aktivitas kerja yang tinggi dan olahraga berlebihan seringkali menyebabkan kelelahan.
Terlalu sering menderita kelelahan, bisa mengganggu kesehatan hati dan memperberat kerja hati, sebab hati adalah pusat metabolisme tubuh.Kebiasaan jajan sembarangan juga bisa mengganggu kesehatan hati. Sebab salah satu fungsi hati adalah menetralkan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Makin banyak zat-zat itu masuk, makin berat pula kerja hati. Jajan sembarangan juga mempertinggi risiko terkena virus hepatitis. 



3.5.      PENYAKIT YANG TIMBUL AKIBAT TIDAK MENERAPKAN
POLA HIDUP SEHAT

Penyakit yang disebabkan oleh virus dan binatang lain, seperti malaria, kolera, dan polio di masa modern bisa ditangani dengan baik melalui perawatan. Meski begitu, ada jenis penyakit baru yang bermunculan di masa modern ini, yaitu penyakit akibat gaya hidup yang salah. Berikut ini adalah penyakit yang bisa muncul karena gaya hidup yang tak sehat.
Ø  OBESITAS
Kebiasaan makan yang kurang sehat, makan terlalu banyak, jarang berolahraga, dan gaya hidup menetap bisa menyebabkan obesitas. Tak hanya itu, orang yang mengalami kelebihan berat badan juga bisa mengalami banyak masalah lain seperti kesulitan bernapas, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan lainnya.
Ø  DIABETES TIPE II
Obesitas menjadi penyebab penyakit lain seperti diabetes tipe II yang tidak bergantung pada insulin dan biasa terjadi pada orang dewasa.The International Diabetes Federation menunjukkan bahwa saat ini negara yang penduduknya paling banyak mengalami diabetes tipe II adalah India, yaitu sekitar 40,9 juta orang.
Ø  ATHEROSCLEROSIS
Ini adalah penyakit yang terjadi ketika dinding pembuluh darah menebal dan menjadi tidak elastis.Atherosclerosis disebabkan oleh lemak yang menempel di dinding arteri dan menyebabkan kelainan pada aliran darah. Penyakit ini biasanya diikuti dengan sakit pada dada dan serangan jantung. Tak hanya itu, atherosclerosis juga dikaitkan dengan obesitas dan tekanan darah tinggi.
Ø  PENYAKIT JANTUNG
Gaya hidup yang tak sehat bisa mempengaruhi otot jantung dan dinding pembuluh darah. Faktor penyebab utamanya adalah kebiasaan merokok, diabetes, dan kolesterol tinggi. 
Ø  HIPERTENSI
Tekanan darah tinggi atau hipertensi disebabkan oleh banyak hal, termasuk stres, obesitas, faktor genetik, konsumsi garam yang berlebihan pada diet, dan faktor usia.
Ø  SWIMMER EAR
Swimmer ear adalah sebutan untuk penyakit telinga akibat peradangan, iritasi, dan infeksi pada bagian luar telinga dan kanal dalam. Gejalanya termasuk telinga yang berdenging dan kesulitan untuk mengerti pembicaraan.Penyakit ini disebabkan seringnya mendengarkan musik atau suara yang keras serta terlalu sering menggunakan headphone.
Ø  KANKER
Kanker disebabkan adanya pertumbuhan sel yang tak biasa dan membahayakan kesehatan. Beberapa tipe kanker disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan buruk seperti merokok, terlalu banyak di bawah matahari, dan konsumsi makanan yang mengandung karsinogen.
Ø  STROKE
Stroke terjadi ketika pembuluh darah ke otak terhalang, sehingga menyebabkan kurangnya oksigen pada beberapa bagian otak.
Ø  PENYAKIT PARU-PARU OBSTRUKTIF KRONIS (COPD)
Chronic obstructive pulmonary disease (COPD) disebabkan oleh kerusakan permanen pada alat pernapasan. Penyakit ini bisa terjadi karena faktor seperti merokok dan polusi udara.
Ø  CHIRRHOSIS
Cirrhosis adalah penyakit yang terjadi pada lever. Konsumsi alkohol yang berlebihan adalah salah satu penyebabnya. Selain itu, hepatitis kronis juga bisa memicu terjadinya penyakit cirrhosis.
Ø  NEPHRITIS
Nephritis adalah penyakit ginjal yang ditengarai dengan membengkaknya ginjal. Selain itu, Nephritis juga diikuti dengan hilangnya fungsi ginjal.


BAB IV
PENUTUP 

4.1.      KESIMPULAN
Kesehatan amatlah penting untuk meraih kebahagiaan hidup. Syarat utama seseorang dapat menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah saat mereka memiliki kesehatan secara jasmani dan rohani. Pengertian hidup sehatini menjadi cara seseorang untuk menuju kebahagiaan hidup. Salah satu cara agar kita sehat yaitu dengan menjalani pola hidup sehat.
Pola hidup sehat merupakan suatu keagiatan yang dilakukan secaraterusmenerus dan teratur, sehingga menjadi kebiasaan dalam gaya hidup dengan memperhatikan hal-hal yang memengaruhi kesehatan tubuh, baik dari konsumsi makanan dan minuman, olahraga, dan juga istirahat yang cukup. Pelaku pola hidup sehat akan selalu berusaha untuk setiap aktivitas dalam kehidupannya untuk selalu teratur dan seimbang dalam menjaga kesehatan tubuhnya.
Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bahkan, bila menerapkannya dengan cara yang benar, maka dampak positif yang dirasakan akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan dapat maencegah dari serangan berabagai macan penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit yang kronis.



DAFTAR PUSTAKA



·         Irianto, Kus, dan Kusno Waluyo. 2004. Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung: CV. Yrama Widya
·         Anonim. 2015. Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Para Ahli. Diambil dari: http://www.pengertianmu.com/2015/02/pengertian-pola-hidup-sehat-menurut.html
(4 September 2015)
·         DokterSehat.com. 2015. 2014. Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat. Diambil dari: http://doktersehat.com/langkah-langkah-pola-hidup-sehat/ (4 September 2015)
·         Anonim. 2015. Tren Gaya Hidup Sehat Yang Memang Sahih Untuk Kamu Coba. Diambil dari: http://www.hipwee.com/tips/tren-gaya-hidup-sehat-yang-memang-sahih-untuk-kamu-coba/ (4 September 2015)
·         Repbublika. 2014. Akibat Rokok, Pola Hidup Sehat Indonesia Terendah di Asia. Diambil dari: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/14/10/22/nducyu-akibat-rokok-pola-hidup-sehat-indonesia-terburuk-di-asia  (4 September 2015)
·         Republika. 2015. Social Jetlag Tingkatkan Risiko  Obesitas dan Diabetes. Diambil dari: http://www.republika.co.id/berita/video/gaya-hidup-video/15/01/22/nil7oz-emsosial-jetlagem-tingkatkan-risiko-obesitas-dan-diabetes  (4 September 2015)
·         Pikiran Rakyat. 2015. Kegemukan Bisa Terserang Osteorathritis. Diambil dari: http://www.pikiran-rakyat.com/horison/2015/09/02/340821/kegemukan-bisa-terserang-osteoarthritis  (4 September 2015)
·         Merdeka.com. 2012. 11 Penyakit Akibat Gaya Hidup Tak Sehat. Diambil dari: http://www.merdeka.com/sehat/11-penyakit-akibat-gaya-hidup-tak-sehat.html  (4 September 2015)


Demikianlah materi tentang Makalah Pola Hidup Sehat yang sempat kami berikan. semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Agama Islam yang telah kami posting sebelumnya. Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.


EmoticonEmoticon