Saturday, October 21, 2017

Makalah Ekonomi Islam

Makalah Ekonomi Islam - Jika dalam postingan ini, anda kurang mengerti atau susunanya tidak teratur, anda dapat mendownload versi .doc makalah berikut :

Makalah Ekonomi Islam
                             
KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah membimbing kami menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan dan petunjuknya, penyusun tidak akan menyelesaikan maklah ini dengan penuh kelancaran.
Makalah ini kami susun agar pembaca dapat memahami tentang Ekonomi Islam. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pebimbing yang telah banyak membantu menyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini yang sederhana dapat memberi wawasan dan pemahaman yang luas kapada pembaca.
Penyusun menyadari makalah ini masih memiliki banyak kekurangan, sehingga kami masih mengharapakan kritik dan saran dari oara pembaca.

                                                                                                            Terima Kasih
                                                                                                            Jakarta. 27 September 2013


                                                                                                                        Penyusun






                                                                        BAB I
                                                              PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Dalam sistem islam memandang masalah ekonomi tidak dari sudut pandang kapitalis, tidak dari sudut pandang sosialis dan juga tidak merupakan gabungan hak kepemilikan induvidu, sementara “untuk kepentingan masyarakat keseimbangan kepentingan public dan induvidu serta menjaga moralitas”.
Dalam ekonomi islam penumpukan kekayaan oleh sekelompok orang dihindarkan dan secara otomatis tindakan untuk memindahkan aliran kekayaan kepada anggota masyarakat harus dilaksanakan. Islam memperboleh seseorang mencari kekayaan sebanyka mungkin. Islam menghendaki adanya persamaan, tetapi tidak menghendaki penyamarataan. Kegiatan ekonomi harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlalu banyak harta dikuasai pribadi. Didalam bermuamalah islam menganjurkan untuk mengatur muamalah dianatar sesama manusia atas dasar amanah, jujur, adil dan memberikan kemerdekaan bermuamalah serta jelas-jelas bebas dari unsur riba. Islam melarang terjadinya pengingkaran dan pelanggaran larangan-larangan dan mengajurkan untuk memenuhi janji serta menunaikan amanat.
Berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, menunjukan adanya masyrakat muslim yang dengan sadar memilih berintegrasi pada perekonomia dalam perbankan shariah sebagai omplementasi ketaatan Bergama, sekaligus sebagai usaha manusia memenuhi kebutuhan ekonomi.




                                                                        BAB II
     PEMBAHASAN
                                                     EKONOMI DALAM ISLAM

B.     Pengertian Ekonomi Dalam Islam

Berikut ini definisi ekonomi dalam islam menurut para ahli :

Ekonomi dalam islam adalah ilmu yang mempelajari segala perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian dan kesejahteraan dunia-akhirat).
Ilmu ekonomi islam adalah pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencairan dan pengeluaran sumber daya, guna memberikan kepuasan bagi manusia dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban-kewajiban mereka terhadap allah dan masyarakat.
Kata islam tertentu isu defines ekonomi islam sangat terkait sekali dengan wancana islamiah ilmu pengetahuan, dimaknakan sebagai segala pengetahuan yang terbukti kebenarannya secara ilmiah yang mampu mendekatkan manusia kepada allah.

C.    Sistem Ekonomi Islam

Sebagaimana telah dikemukakan diatas bahwa ada dua sistem ekonomi yang dianut oleh umat manusia didunia, yaitu sistem Ekonomi Kapitalis dan sistem Ekonomi Sosialis.
Sistem Ekonomi Kapitalis banyak dianut oleh Negara-negara yang berada di benua asia, sedangkan Sistem Ekonomi Sosialis banyak dianut oleh Negara-negara yang berada di belahan Eropa timur dan beberapa Negara asia.
Menurut sebagai pengamat ekonomi, khususnya ekonomi muslim saat ini masyarakat dunia telah mengalami kejenuhan dengan kedua sistem ekonomi tersebut. Selain itu dengan mengembangkan kedua sistem ekonomi itu dunia semakin hari semakin tidak teratur yang pada gilirannya melahirkan negara semakin miskin disisi lain. Dengan kata lain, dengan menjalankan kedua sistem ekonomi tersebut melahirkan dalam perkembangan ekonomi.


D.    Prinsip Ekonomi Islam

Dalam melakukan aktivitas ekonomi islam, para pelaku ekonomi memegang teguh prinsip-prinsip dasar yaitu Prinsip ilahiyah dimana dalam ekonomi islam kepentingan induvidu dan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat sekali yaitu asas keselarasam, keseimbangan dan bukan persaingan sehingga tercipta ekonomi yang seadil-adilnya.
Prinsip ekonomi islam ekonomi ilahiah (robany) semua aktivitas manusia termasuk ekonomi harus selalu bersandar kepada tuhan dalam ajaran islam tidak ada pemisahan antara dunia dan akhirat berarti dalam mencari rizki harus halal lagi baik

Secara garis besar ekonomi islam memiliki beberapa prinsip dasar yaitu :
1.      Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian atau titipan dari allah swt kepada manusia.
2.      Islam mengakui pemilikan pribadi dalam batas-batas tertentu.
3.      Kekuatan penggerak utama ekonomi islam adalah kerja sama.
4.      Ekonomi islam menolak terjadinya kekayaan yang dikuasai oleh segelintir orang saja.
5.      Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi (nisab)
6.      Islam melarang riba dalam segala bentuk.



E.     Tujuan Ekonomi Islam

Adapun tujuan hidup manusia ada dua dimensi yang harus dipelihara yaitu hubungan manusia dengan allah (hablum minallah) untuk mencapai ridhonya dan hubungan manusia dengan manusia (hablum minanas) mendatangkan rahmat bagi seluruh alam sehingga tercipta kesejahteraan hidup didunia dan akhirat.

Secara umum tujuan ekonomi islam adalah :
1.      Untuk meningkatkan ekonomi umat supaya lebih makmur atau meningkatkan tarap hidup kearah yang lebih baik.
2.      Menciptakan ekonomi umat yang adil dan merata.
3.      Mewujudkan perekonomian yang stabil, namun tidak menghambatkan lalin pertumbuhan ekonomi masyarakat.
4.      Mewujudkan perekonomian yang serasi, damai, bersatu dalam suasana kekeluargaan sesama umat, menghilangkan nafsu menguasai atau serakah.
5.      Mewujudkan perekonomian yang menjamin kemerdekaan dalam hal produksi, distribusi serta menumbuhkan rasa kebersamaan.
6.      Mewujudkan peri kehidupan ekonomi yang tidak membuat kerusakan dimuka bumi, sehingga kelestarian alam dapat dijaga dengan sebaik-baiknya, baik alam fisik, cultural, social maupun spiritual keagamaan.
7.      Menciptakan ekonomi yang mandiri.

F. Manfaat Mengamalkan Ekonomi Islam

Mengamalkan ekonomi islam jelas mendatangkan manfaat yang besar bagi umat islam itu sendiri, pertama mewujudkan integritas seorang muslim yang kaffah sehingga islam tidak lagi persial. Bila umat islam masih bergelut dan mengamalkan ekonomi ribawi berarti keislamannya belum kaffah sebab ajaran ekonomi islam dibatalkan.


G. Anasilis

Kelompok kami setuju dengan penjelasan makalah ini, karena

Ekonomi Islam adalah satu-satunya agama yang sempurna yang mengatur seluruh sendi kehidpan manusia dan alam semesta kegiatan perekonomian manusia juga diatur dalam islam dengan prinsip ilahiyah. Harta yang ada pada kita, sesungguhnya bukan milik manusia, melainkan titipan dari Allah SWT agar dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kepentingan umat manusia yang pada akhirnya semua akan kembali pada Allah.





BAB III
      PENUTUP


A. Kesimpulan


Dalam makalah ini dapat disimpulkan bahwa islam adalah satu-satunya yang mengemukakan prinsip-prisip yang meliputi semua segi kehidupan manusia, tidak hanya membicarakan tentang nilai-nilai ekonomi. islam telah menanamkan kerangka kerja yang luas berdasarkan kesempatan berekonomian yang luas berdasarkan kesempatan berekonomi yang sama dan adil bagi penganutnya untuk mengarahkan mereka kearah kehidupan ekonomi yang seimbang.
Dan ekonomi islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarakan aturan agama islam dan didasari tauhid sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun islam.


B. Daftar Pusaka


http://ib-bloggercompetition.kompasiana.com/2099/10/07/ekonomi-dalam-islam.
http://cananana.wordspress.com/2010/11/09/perekonomian.dalam.islam/
http://databaseartikel/ekonomi/keuangan-ekonomi/20118980-jual-beli-dalam-islam-jenis-atau-macamnya/htm
  


Demikianlah materi tentang Makalah Ekonomi Islam yang sempat kami berikan. semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Efek Rumah Kaca yang telah kami posting sebelumnya. semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih. Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

Anda dapat mendownload Makalah diatas dalam Bentuk Document Word (.doc) melalui link berikut.


EmoticonEmoticon