Wednesday, October 25, 2017

Makalah Negara Maju dan Negara Berkembang

Makalah Negara Maju dan Negara Berkembang - Jika dalam postingan ini, anda kurang mengerti atau susunanya tidak teratur, anda dapat mendownload versi .doc makalah berikut :


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara.oleh karena itu untuk mengidentifikasi suatu negara apakah termasuk negara maju atau negara berkembang dapat dilihat dari kemajuan teknologi dan hasil pembangunannya.
          
Menentukan suatu negara tergolong ke negara maju atau negara berkembang tidak hanya dipandang dari sudut pendapatan per kapita negara tersebut.banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti pertumbuhan penduduk, tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, IPTEK, angka kelahiran dan kematian, angka harapan dan sebagainya.
          
Salah satu ciri negara berkembang adalah sebagian besar masyarakatnya sebagai petani.kegiatan pertanian yang dilakukan masih menggunakan alat tradisional, dan mengandalkan tenaga hewan dan manusia.lalu, apakah di negara maju tidak mengenal pertanian ? tentu saja negara maju masih mengenal pertanian, meskipun hanya sebagian kecil saja.tetapi perbedannya terletak pada peralatan dan tekhnologi yang digunakan.pertanian di negara maju menggunakan alat modern seperti traktor untuk mengolah tanah.
B.     Rumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah sebagai berikut :

1.      Pengertian negara maju dan berkembang
2.      Indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju/negara berkembang
3.      Ciri – ciri negara maju dan berkembang
4.      Tahapan perkembangan suatu negara
5.      Contoh negara maju dan berkembang




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian negara maju dan berkembang
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Negara yang digolongkan sebagai negara maju terdapat di benua Eropa terutama kawasan Eropa Barat serta Amerika (Utara) Misalnya Belanda, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan lain-lain. Di kawasan Asia terdapat beberapa negara maju seperti Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru.

Negara berkembang adalah istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut. Negara yang digolongkan negara berkembang terdapat di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Selatan (Latin).







B.     Indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju/negara berkembang

1.      Pendapatan Perkapita
Pendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Namun demikian, tingginya pendapatan perkapita bukan penentu kemakmuran suatu negara. Meskipun negara itu pendapatan perkapitanya tinggi, namun jika terjadi perang saudara di dalam negara tersebut, maka tidak dapat disebut sebagai negara makmur/sejahtera. Karena dengan adanya peperangan banyak menimbulkan kematian, penderitaan, dan rasa tidak aman.
2.      Jumlah Penduduk Miskin
Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari angka kemiskinan. Suatu negara dikatakan makmur/sejahtera apabila rakyatnya yang hidup miskin berjumlah sedikit saja. 
3.      Tingkat Pengangguran
Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah tingkat pengangguran. Di negara maju umumnya tingkat penganggurannya rendah. Sebaliknya di negara berkembang biasanya tingkat penganggurannya tinggi.
4.      Angka Kematian Bayi Dan Ibu Melahirkan
Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Di negara maju umumnya angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah. Hal ini disebabkan penduduk mampu membeli makanan yang bergizi, mampu membeli pelayanan kesehatan dan obatobatan yang memadai. Sebaliknya di negara berkembang angka kematian bayi dan ibu melahirkan relatif tinggi. Hal ini disebabkan penduduk tidak mampu membeli makanan yang bergizi, tidak mampu membeli pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang memadai, karena pendapatannya rendah.
5.      Angka Melek Huruf
Angka melek huruf menunjukkan jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis. Suatu negara dikatakan maju apabila angka melek hurufnya tinggi atau angka buta hurufnya rendah.







C.    Ciri – ciri Negara Maju dan Berkembang

1.      Ciri – ciri negara maju
a.       Sumber Daya Alam Dimanfaatkan secara Optimal
b.      Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan.
c.       Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi
d.      Ekspor yang Dilakukan adalah Ekspor Hasil Industri dan Jasa
e.       Tercukupinya Penyediaan Fasilitas Umum
f.       Kesadaran Hukum, Kesetaraan Gender, dan Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia dijunjung tinggi
g.      Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi
h.      Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi
i.        Tingkat Kesehatan Sudah Baik

2.      Ciri ciri Negara Berkembang

a.       Tingkat pendidikan masih rendah 
b.      Tingkat penghasilan masih rendah/pendapatan per kapita rendah 
c.       Tingkat kesehatan masih rendah 
d.      Sistem perekonomiannya masih bergantung dari luar atau perekonomian yang tradisional 
e.       Angka pengangguran yang tinggi
f.       Kesempatan kerja yang minim 
g.      Angka pertumbuhan penduduk tinggi












D.    Tahapan-tahapan Perkembangan suatu negara
                               
a. Tahap Perekonomian Tradisional
Pada tahap ini, kegiatan ekonomi masih berorientasi pada usaha untuk pemenuhan kebutuhan sendiri. Penerapan teknologi dan manajemen masih sangat rendah sehingga produktivitasnya juga masih rendah Adapun ciri-ciri tahap perekonomian tradisional sebagai berikut.
1) Tingkat produksi dan produktivitas per pekerja masih sangat rendah, karena belum mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
2) Mata pencaharian penduduk sebagian besar di sektor pertanian.
3) Struktur sosial masih bersifat hierarkis.
4) Hubungan keluarga masih sangat erat dan kekuasaan dipegang oleh mereka yang mempunyai tanah luas.
5) Masyarakat pada masa ini cenderung statis, sehingga kemajuan yang dicapai sangat lambat.
b. Tahap Pra-Lepas Landas
Masyarakat tradisional meskipun sangat lambat namun terus bergerak, dan pada suatu titik mencapai prakondisi untuk lepas landas. Keadaan ini biasanya terjadi karena adanya campur tangan dari luar, yaitu dari masyarakat yang lebih maju. Tahap ini merupakan masa transisi di mana masyarakat mempersiapkan diri untuk mencapai tahap lepas landas. Prasyarat yang harus dipenuhi untuk dapat lepas landas adalah adanya perubahan-perubahan yang cukup mendasar di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, dan sistem nilai. Pada masa transisi ini merupakan masa yang penting supaya berhasil pada tahap lepas landas.
c. Tahap Lepas Landas (Take Off)
Tahap lepas landas merupakan tahap di mana perekonomian mampu tumbuh dan berkembang dengan kekuatan mandiri. Pada tahap ini penerapan teknologi dan manajemen modern makin luas dan intensif. Selain itu, terjadi perubahan drastis di bidang sosial maupun politik, serta terciptanya kemajuan ekonomi yang pesat karena inovasi-inovasi dan terbukanya pasar-pasar baru. Semua itu dapat meningkatkan investasi yang selanjutnya mempercepat laju pertumbuhan pendapatan nasional di atas tingkat pertambahan penduduk.  Ciri-ciri negara yang sudah lepas landas adalah:
1) meningkatkan jumlah investasi dari ≤5% menjadi ≥10% dari Produk Nasional Neto,
2) laju pertumbuhan beberapa sektor industri yang tinggi, sehingga dapat memacu sektor-sektor lain,
3) terciptanya suatu rangka dasar politik, sosial, dan lembagalembaga yang menyebabkan pertumbuhan dapat berlangsung terus didukung dengan penggunaan sumber modal dalam negeri, serta
4) masa lepas landas biasanya berlangsung dalam kisaran waktu 20 tahun.
d. Tahap Kedewasaan (Maturity)
Tahap ini merupakan suatu periode di mana masyarakat sudah secara efektif menggunakan teknologi modern pada sebagian besar faktor produksi dan kekayaan alamnya. Pada masa ini sektor-sektor ekonomi berkembang pesat dan leading industri mengalami kemunduran tetapi digantikan oleh sektor lainnya. Walaupun pertumbuhan ekonomi tidak setinggi tahap lepas landas, namun diimbangi pertumbuhan hal-hal kualitatif sehingga perekonomian makin kuat dan mandiri. Setelah lepas landas, kemajuan akan terus bergerak walaupun kadang terjadi pasang surut. Industri berkembang dengan pesat dan mulai memproduksi barang-barang yang tadinya diimpor. Pada tahap ini terjadi tiga perubahan penting, yaitu:
1) tenaga kerja menjadi lebih terdidik,
2) watak pekerja berubah dari pekerja kasar menjadi manajer yang efisien dan berwatak halus serta sopan, serta
3) masyarakat mulai jenuh dengan kemajuan industri dan mulai menginginkan sesuatu yang baru.
e. Tahap Konsumsi Massa Tingkat Tinggi (High Mass Consumption)
Pada tahap ini, tingkat konsumsi masyarakat sudah sangat tinggi, terutama konsumsi energi. Hal ini dapat dilihat pada kehidupan masyarakat Eropa Barat, Amerika Utara, dan Jepang. Ciri-ciri tahap ini adalah:
1) angkatan kerja memiliki jaminan yang lebih baik,
2) tersedianya konsumsi bagi rakyat yang semakin memadai,
3) negara mencari perluasan kekuatan di mata dunia.
Karena pendapatan masyarakat yang meningkat, konsumsi tidak lagi terbatas pada kebutuhan pokok, tetapi meningkat ke kebutuhan yang lebih tinggi. Pada tahap ini merupakan ciri-ciri dari sebuah massa yang ideal di mana masyarakat hidup nyaman, sehingga terdapat kecenderungan untuk menambah jumlah keluarga sehingga jumlah penduduk akan meningkat.
Teori Rostow ini didasarkan pada dikotomi masyarakat tradisional dan masyarakat modern. Pada tahap-tahap tersebut yang paling penting dalam gerak kemajuan dari tahap satu ke tahap yang lain adalah pada periode tahap lepas landas. Proses perubahan tahap yang satu ke tahap yang lain memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar.

E.     Contoh Negara Maju dan Berkembang
Negara Maju :
Anggota Uni Eropa:
·         Austria
·         Belgia
·         Denmark
·         Finlandia
·         Perancis
·         Jerman
·         Yunani
·         Irlandia
·         Italia
·         Luxemburg
·         Belanda
·         Portugal
·         Spanyol
·         Swedia
·         Britania Raya
Negara non-UE:
·         Andorra
·         Hongaria
·         Islandia
·         Liechtenstein
·         Monako
·         Norwegia
·         San Marino
·         Swiss
·         Vatikan
Negara bukan Eropa:


·         Australia
·         Kanada
·         Korea Selatan
·         Hong Kong
·         Brunei Darussalam
·         Israel
·         Jepang
·         Kuwait
·         Selandia Baru
·         Singapura
·         Taiwan
·         Amerika Serikat
·         Uni Emirat Arab
·         Qatar



Negara Berkembang :

Benua Eropa



  • Albania
  • Bosnia dan Herzegovina
  • Bulgaria
  • Belarus
  • Georgia
  • Kroasia
  • Kosovo
  • Latvia
  • Lithuania

  • Makedonia
  • Montenegro
  • Ukraina
  • Moldova
  • Polandia
  • Romania
  • Serbia
  • Turki


 

Benua Afrika



  • Algeria
  • Djibouti
  • Mesir
  • Djibouti
  • Libya
  • Mauritania
  • Maroko
  • Sudan
  • Sudan Selatan
  • Tunisia
  • Angola
  • Benin
  • Botswana
  • Burkina Faso
  • Burundi
  • Kamerun
  • Cape Verde
  • Republik Afrika Tengah
  • Chad
  • Komoro
  • Republik Demokratik Kongo
  • Republik Kongo
  • Ivory Coast
  • Guinea Khatulistiwa
  • Eritrea
  • Ethiopia
  • Gabon
  • Gambia
  • Ghana
  • Guinea
  • Guinea-Bissau
  • Kenya
  • Lesotho
  • Liberia
  • Madagaskar
  • Malawi
  • Mali
  • Mauritus
  • Mazambik
  • Namibia
  • Niger
  • Nigeria
  • Rwanda
  • Sao Tome and Principe
  • Senegal
  • Seychelles
  • Sierra Leone
  • Afrika Selatan
  • Swaziland
  • Tanzania
  • Togo
  • Uganda
  • Zambia
  • Zimbabwe


 

Benua Amerika



  • Antigua dan Barbuda
  • Argentina
  • Bahama
  • Barbados
  • Belize
  • Bolivia
  • Brazil
  • Chili
  • Kolombia
  • Kosta Rika
  • Dominika
  • Republik Dominika
  • Ekuador
  • El Salvador
  • Grenada
  • Guatemala
  • Guyana
  • Haiti
  • Honduras
  • Jamaika
  • Meksiko
  • Nikaragua
  • Panama
  • Paraguay
  • Peru
  • St. Kitts and Nevis
  • St. Lucia
  • St. Vincent and the Grenadines
  • Suriname
  • Trinidad and Tobago
  • Uruguay
  • Venezuela


 

Benua Asia



  • Armenia
  • Azerbaijan
  • Kazakstan
  • Kirgistan
  • Mongolia  
  • Tajikistan
  • Turkmenistan
  • Uzbekistan
  • Afghanistan
  • Bangladesh
  • Bhutan
  • Kamboja 
  • Cina
  • Fiji
  • India
  • Indonesia
  • Kribati
  • Korea Utara
  • Laos
  • Malaysia 
  • Maldives
  • Myanmar
  • Nepal
  • Pakistan
  • Palestina
  • Papua Nugini
  • Filipina
  • Samoa
  • Solomon
  • Sri Lanka
  • Thailand 
  • Timor Leste 
  • Tonga
  • Tuvalu
  • Vanuatu
  • Vietnam
  • Bahrain
  • Iran
  • Irak
  • Yordania
  • Kuwait
  • Libanon
  • Oman
  • Arab Saudi
  • Suriah
  • Yaman





Benua Australia dan Oceania



  • Fiji
  • Kribati
  • Kepulauan Marshall
  • Federasi Mikronesia
  • Nauru
  • Palau
  • Samoa
  • Solomon
  • Tonga
  • Tuvalu
  • Vanuatu






BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan

         Dalam era globalisasi seperti saat ini, kamajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara. Oleh karena itu untuk mengidentifikasi suatu negara apakah termasuk sebagai negara maju atau negara berkembang dapat dilihat dari kemajuan teknologi dan hasil pembangunannya.
Menentukan suatu negara tergolong negara maju atau negara berkembang tidak hanya dipandang dari sudut pendapatan per kapita negara tersebut. Banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti perumbuhanpenduduk, tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, angka kelahiran dan kematian, angka harapan hidup dan sebagainya.
2.      Saran
      
Dari makalah yang ditulis dapat diambil saran yaitu: harus adanya usaha-usaha pengembangan wilayah Negara berkembang khususnya Negara Indonesia serta adanya rencana yang matang untuk melakukan pengembangan wilayah Negara maju dan Negara berkembang.






DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Negara_berkembang
http://id.wikipedia.org/wiki/Negara_maju
http://mdhiofadly.wordpress.com/2013/09/06/tahap-tahap-perkembangan-negara-menurut-w-w-rostow/
http://dahlanforum.wordpress.com/2009/09/17/ciri-ciri-negara-maju/
http://campusnancy.blogspot.com/2012/12/ciri-ciri-negara-berkembang-dan-negara.html





Demikianlah materi tentang Makalah Negara Maju dan Negara Berkembang yang sempat kami berikan. semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Nasionalisme yang telah kami posting sebelumnya. semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih. Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

Anda dapat mendownload Makalah diatas dalam Bentuk Document Word (.doc) melalui link berikut.


EmoticonEmoticon