Wednesday, September 30, 2020

Cara Menyusun Makalah Yang Benar

Pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang bagaimana cara menyusun makalah yang baik dan benar secara sistematis. Penyusunan dan penulisan makalah harus memperhatikan kaidah penulisan serta unsur-unsur sumber data yang jelas agar makalah tersebut berkualitas.




Susunan Sistematika Makalah


Kata Pengantar

Sebuah makalah yang baik harus memiliki kata pengantar sebagai tulisan awal sebelum membahas materi yang menjadi judul dari makalah tersebut. Kata pengantar biasanya berisi ucapan syukur serta terima kasih penulis kepada pihak yang membantunya dalam menyelesaikan penyusunan makalah. 

Selain itu, kata pengantar juga harus memuat ucapan permohonan maaf jika dalam kaidah penyusunan terdapat kekeliruan. Hal ini merupakan bentuk kesadaran penulis bahwa dirinya tidak luput dari kesalahan dalam proses pembuatan makalah tersebut.


Daftar Isi

Daftar isi pada dasarnya memuat rincian terhadap judul per bab serta pembahasan yang ditulis dalam sebuah makalah. Dengan adanya daftar isi, pembaca dapat melihat secara sepintas, poin-poin apa saja yang ada dalam makalah yang disusun oleh penulis.


Bab I Pendahuluan

Untuk sebuah makalah yang merupakan tugas pembelajaran atau tugas kuliha, secara garis besar pada bab pertama memuat pendahuluan yang berisi Latar Belakang dari judul atau tema yang diangkat. Tujuan dari penulisan makalah tersebut, serta rumusan masalah.

Tujuan merupakan bagian yang biasanya menuliskan secara terperinci untuk apa sebuah makalah disusun. Apakah untuk memenuhi sebuah tugas kuliah, atau sekedar memberikan informasi umum kepada pembaca atau bahkan keduanya.

Rumusan masalah merupakan gambaran tentang pokok permasalahan yang akan dibahasa dalam makalah yang disusun.


Bab II Tinjauan Pustaka

Dalam tinjauan pustaka  merupakan kumpulan teori yang dikaji oleh penulis. Teori-teori tersebut tentu harus berkaitan erat dengan pembahasan yang ada dalam sebuah makalah. Jika membahas tentang saham misalnya, maka teori yang diangkat dalam tinjauan pustaka berupa hasil penelitian atau pendapat para ahli tentang saham.

Bab III Pembahasan

Untuk poin pembahasan secara keseluruhan mencakup hasil yang didapatkan atas pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah. Tujuan pembahasan adalah agar pokok permasalahan yang diangkat dalam bab 1 terjawab secara rinci dan detail.


Bab IV Penutup

Dalam bab ini biasanya hanya memuat dua poin, yaitu kesimpulan dan saran. Kesimpulan diambil dari rangkuman poin-poin penting yang telah dibahas secara keseluruhan dalam makalah. Sedangkan saran, memuat permintaan masukan dari pembaca terkait penulisan makalah serta tema yang dibahas dalam makalah tersebut.


Daftar Pustaka

Pada bagian ini penulis harus mencantumkan sumber-sumber referensi yang dikumpulkan penulis selama proses penyusunan makalah tersebut. Sumber referensi tersebut bisa berasal dari buku, karya tulis, internet, serta media cetak lainnya.


Dengan memperhatikan sistematika penyusunan diatas, maka akan dihasilkan sebuah makalah yang baik dan benar. Paling tidak, hasil dari karya tersebut bisa bermanfaat dan bukan hanya sekedar untuk memenuhi tugas kuliah semata.



EmoticonEmoticon